Penyebab Menurun Nafsu Seks

Penyebab Menurun Nafsu Seks Dalam Berhubungan

Penyebab Menurun Nafsu Seks – Tak hanya pria saja, wanita juga bisa mengalami penurunan libido alias gairah seks. Jelas saja, hal ini dapat membuat aktivitas di ranjang tak lagi bergairah dan mengganggu keintiman Anda bersama pasangan. Bahkan bila dibiarkan terus-menerus, bisa memicu disfungsi seksual pada wanita yang disebut dengan gangguan hasrat seksual hipoaktif (HSDD). Lantas, apa saja penyebab nafsu seks wanita menurun dan bagaimana cara mengatasinya?

Berbagai penyebab Menurun nafsu seks wanita

Rendahnya nafsu seks lebih dikenal dengan sebutan lemah syahwat. Menurut studi yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), nafsu seks wanita cenderung lebih mudah naik-turun daripada pria. Secara alamiah, wanita juga lebih jarang memikirkan hal-hal berbau seks ketimbang pria.

Tidak seperti masalah disfungsi ereksi pada pria, rendahnya hasrat seksual pada wanita lebih banyak disebabkan oleh kombinasi mental dan fisik. Supaya lebih jelas, berikut berbagai hal yang menjadi penyebab nafsu seks wanita menurun, di antaranya:

  • Masalah saat berhubungan seksual

Sakit saat berhubungan seksual menjadi salah satu penyebab umum nafsu seks wanita menurun. Sekali wanita merasa tidak nyaman saat berhubungan intim, maka emosinya cenderung tidak stabil. Pada akhirnya, wanita hilang minat untuk berhubungan seks bersama pasangannya.

Gagal orgasme juga memberikan efek yang sama. Alhasil, aktivitas di ranjang jadi tak lagi bergairah dan mengganggu keintiman hubungan Anda berdua.

  • Kehamilan atau menyusui

Perubahan hormon selama kehamilan dan menyusui dapat meredam dorongan seksual pada wanita. Kelelahan, perubahan citra tubuh, dan tekanan batin selama kehamilan atau merawat bayi bisa menurunkan hasrat seksual wanita.

  • Menopause

Saat memasuki masa menopause, hormon seks dalam tubuh wanita mengalami perubahan. Hal ini dapat menyebabkan vagina kering sehingga hubungan seks terasa sakit dan tidak nyaman.

  • Stres

Lelah bekerja atau sibuk mengurus anak bisa menjadi penyebab nafsu seks wanita menurun. Bagaimana tidak, energinya telah terkuras habis sehingga tak lagi berminat untuk berhubungan intim dengan pasangan.

  • Pola hidup tak sehat

Pola hidup tak sehat seperti alkohol dan merokok tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh Anda, tapi juga mengancam keintiman hubungan. Pasalnya, kedua kebiasaan tersebut sama-sama bisa menurunkan hasrat seksual.

  • Obat-obatan tertentu

Coba ingat-ingat lagi, apakah pasangan Anda sedang mengonsumsi obat antidepresan atau obat penurun darah tinggi? Jika iya, bisa jadi inilah penyebab nafsu seks wanita menurun drastis.

Beberapa jenis obat dapat menurunkan gairah seks, di antaranya obat antidepresan, obat hipertensi, dan pil KB. Jenis obat-obatan tersebut menghambat produksi hormon testosteron dan menurunkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk alat kelamin. Inilah yang menyebabkan organ intim jadi susah terangsang sehingga gairah seks wanita jadi menurun.

  • Penyakit

Hati-hati, rendahnya gairah seksual pada wanita juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu. Mulai dari arthritis, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung koroner, hingga kanker.

  • Operasi

Wanita yang baru saja mengalami operasi payudara atau organ intim sering kali tidak percaya diri di hadapan pasangannya. Hal inilah yang lambat laun menyebabkan rendahnya nafsu seks pada wanita.

Tanda dan gejala gairah seks menurun pada wanita

Kurangnya frekuensi berhubungan seksual tidak selalu menunjukkan bahwa gairah seks wanita atau pria sedang menurun. Hal ini perlu dipantau selama 6 bulan atau lebih untuk memastikan apakah wanita benar-benar mengalami masalah pada gairah seksnya atau tidak.

Tanda dan gejala nafsu seks wanita menurun di antaranya:

  • Tidak tertarik dengan hal-hal berbau seks, termasuk masturbasi
  • Jarang atau bahkan tidak pernah berfantasi seksual
  • Tidak tertarik untuk memulai hubungan seksual
  • Tidak menyukai rangsangan seks dari pasangan
  • Tidak merasa bahagia setelah berhubungan intim

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Jangan dibiarkan terlalu lama karena hal ini dapat mengancam keharmonisan hubungan Anda dan pasangan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Karena disebabkan oleh kombinasi faktor fisik dan psikologis, Anda harus memastikan dulu penyebab rendahnya gairah seks pada wanita. Pengobatan akan dilakukan berdasarkan penyebabnya masing-masing.

Berikut ini berbagai cara mengatasi gairah seks rendah pada wanita, di antaranya:

  • Konseling atau terapi seks

Terapi seks diyakini sangat efektif untuk mengatasi masalah seks pada wanita maupun pria. Bicarakan pada terapis Anda tentang semua keluhan seksualitas yang Anda rasakan. Dengan demikian, terapis akan membantu mencari solusi terbaik supaya gairah seks Anda kembali normal.

  • Mengubah dosis obat

Jika dorongan seks pada wanita menjadi rendah akibat obat-obatan, dokter mungkin akan mengubah dosis obat untuk Anda. Sama halnya jika Anda sedang menggunakan pil KB saat ini, dokter biasanya akan menyarankan jenis kontrasepsi lainnya yang lebih aman bagi gairah seks Anda.

  • Pemberian obat hormon

Pada wanita yang sudah memasuki masa menopause, biasanya akan mengalami vagina kering. Kondisi vagina yang kering menyebabkan hubungan seks terasa sakit sehingga wanita jadi enggan berhubungan intim.

Masalah vagina kering dapat diobati dengan pemberian estrogen tambahan. Estrogen tersedia dalam berbagai bentuk, baik berupa pil, semprotan (spray), cincin, krim, atau gel. Tanyakan lebih lanjut pada dokter mengenai hal ini.

Dokter mungkin juga akan meresepkan obat flibanserin guna meningkatkan libido wanita. Jenis obat tersebut biasanya diberikan untuk wanita premenopause yang mengalami gangguan hasrat seksual hipoaktif (HSDD).

Namun hati-hati, obat flibanserin dapat memicu efek samping berupa tekanan darah rendah, pusing, mual, dan kelelahan. Pastikan untuk selalu mengikuti aturan minum dan dosis obat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

  • Perubahan gaya hidup

Stres merupakan salah satu penyebab turunnya dorongan seksual pada wanita. Oleh karena itu, cobalah ubah gaya hidup Anda jadi lebih sehat supaya terhindar dari stres.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan libido pada wanita. Mulai dari olahraga teratur, berhenti merokok, kurangi minum alkohol, dan perbanyak istirahat.

Sebaiknya lakukan semua aktivitas tersebut bersama pasangan. Tak hanya menjadikan tubuh Anda sehat, gairah seks Anda pun lambat laun akan kembali normal. Alhasil, hubungan Anda dan pasangan jadi lebih intim dan harmonis dari sebelum-sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *