Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening

Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Dengan Sendiri

Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening – Salah satu komponen yang berperan penting pada tubuh dalam menyediakan sel darah putih untuk melawan bakteri dan virus adalah kelenjar getah bening. Saat kelenjar getah bening mengalami infeksi atau terdapat penyakit lain yang menyerang jaringan di sekitarnya, pembengkakan akan terjadi. Lantas, bagaimana pengobatan kelenjar getah bening yang bisa dilakukan?

Sebelum menjelaskan mengenai pengobatan kelenjar getah bening, perlu Anda ketahui bahwa membengkaknya kelenjar getah bening adalah sebuah reaksi terhadap banyaknya sel imun yang dihasilkan kelenjar getah bening untuk melawan berbagai zat yang membahayakan tubuh.

Cara Mengobati Kelenjar getah bening dengan Medis

Pada dasarnya, pengobatan kelenjar getah bening harus disesuaikan dengan penyebabnya, lokasi pembengkakan dan kondisi kesehatan secara umum. Berikut adalah pengobatan kelenjar getah bening dan obat kanker kelenjar getah bening berdasarkan penyebabnya, di antaranya:

  1. Kanker
    Pengobatan kanker kelenjar getah bening dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi kanker itu sendiri. Pengobatan kanker getah bening yang bisa dilakukan adalah radioterapi, kemoterapi atau operasi.
  2. Penyakit autoimun
    Pengobatan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh penyakit autoimun dapat diberikan obat imunosupresif.
  3. Infeksi
    Pengobatan kelenjar getah bening harus disesuaikan dengan penyebab infeksi yang muncul. Apabila infeksi disebabkan oleh bakteri, maka dokter dapat memberikan antibiotik, seperti amoxicillin.

Pengobatan kelenjar getah bening dengan antibiotik dapat menghentikan berkembangnya bakteri dalam tubuh. Agar mendapatkan hasil yang terbaik, ikuti anjuran yang diberikan dokter.

Nah, itulah pengobatan kelenjar getah bening dan obat kanker getah bening yang bisa digunakan. Pada beberapa kasus, pembengkakan kelenjar getah bening dapat pulih tanpa mendapatkan penanganan khusus.

Pengobatan kelenjar getah bening lainnya yang bisa digunakan adalah obat pereda nyeri seperti naproxen, acetaminophen atau ibuprofen untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang Anda alami.

Hal penting lain yang harus Anda ketahui adalah hindari pemberian aspirin pada anak karena berisiko menimbulkan Reye’s syndrome. Reye’s syndrome adalah kondisi serius yang bisa menyebabkan pembengkakan pada otak dan organ hati.

Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening

Meski terdapat perawatan nonmedis atau rumahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala nyeri yang muncul, obat yang paling efektif adalah pengobatan kelenjar getah bening yang disesuaikan dengan penyebabnya.

Beberapa pengobatan kelenjar getah bening alami di bawah ini hanya bersifat umum dan tidak menggantikan pengobatan yang diberikan dokter, di antaranya:

  • Kompres

Kompres area yang mengalami pembengkakan dengan kain atau handuk kecil yang telah dibasahi dengan air hangat. Apabila kompres air hangat tidak meredakan radang akan tetapi justru mengiritasi kulit, Anda bisa menggantinya dengan cool pack alias kompresan dingin.

  • Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dilakukan jika pembengkakan kelenjar terjadi pada area leher, telinga, kepala atau rahang. Larutkan garam dengan air hangat, kemudian cobalah kumur dengan air garam selama 10-20 detik, kemudian buang airnya. Cara ini bisa dilakukan 3 sampai 5 kali.

  • Bawang putih

Pengobatan kelenjar getah bening lainnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan bawang putih. Memiliki sifat anti-inflamasi, bawang putih dipercaya dapat mengurangi pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Selain itu, kandungan senyawa Allicin yang ada di bawang putih dipercaya mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening. Konsumsilah 2-3 siung bawang putih setiap hari. Jika Anda tidak bisa mengonsumsingnya secara langsung, bawang putih dapat dimasukkan di makanan harian Anda.

  • Jahe

Jahe dikenal sebagai obat herbal yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, salah satunya pembengkakan kelenjar getah bening. Kandungan antioksidan pada jahe dapat mengeluarkan lendir yang ada di tenggorokan. Jahe juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan dan menangkal zat beracun.

Potonglah jahe menjadi beberapa bagian kemudian masukan ke dalam gelas yang berisi air hangat. Diamkan selama 3-5 menit, kemudian Anda minum untuk mengurangi peradangan akibat pembengkakan kelenjar getah bening.

  • Kunyit

Seperti halnya jahe, kunyit adalah obat kelenjar getah bening yang memiliki sifat antiinflamasi untuk mencegah peradangan. Selain itu, sifat analgesik dan kandungan antioksidannya mampu melawan infeksi, mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri,

  • Cuka apel

Sifat asam yang dimiliki cuka apel mampu meningkatkan produksi pH tubuh, sehingga bisa memperkuat sistem imunitas tubuh dan mencegah munculnya pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Pengobatan kelenjar getah bening ini bisa dilakukan dengan mencampurkan satu sendok cuka sari apel ke dalam air hangat. Minumlah dua kali dalam sehari untuk mengatasi masalah pada kelenjar getah bening.

  • Lemon

Akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah, pembengkakan kelenjar getah bening bisa terjadi. Oleh karenanya, memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah kunci dalam mengurangi risiko pembengkakan.

Pengobatan kelenjar getah bening alami lainnya yang bisa digunakan adalah lemon. Lemon kaya akan vitamin C dan memiliki sifat antibakteri yang bisa menghilankan sakit tenggorokan. Minuman herbal ini bisa Anda konsumsi 2-3 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan madu untuk hasil yang lebih baik.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa ternyata juga bisa digunakan sebagai pengobatan kelenjar getah bening. Minyak kelapa sendiri memiliki sifat antibakteri, antivirus dan antiinflamasi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Minyak jarak

Rasa sakit yang ditimbulkan dari pembengkakan kelenjar getah bening dapat diatasi dengan minyak jarak. Minyak jarak sendiri mengandung asam lemak yang tinggi dan memiliki sifat antiinflamasi serta analgesik yang dipercaya dapat meningkatkan aliran getah bening ke seluruh tubuh.

Gosokkan minyak jarak perlahan pada bagian yang membengkak selama 5 menit. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan mengompres bagian tersebut dengan handuk hangat selama beberapa menit.

  • Buah pala

Buah yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan dan juga manisan ini ternyata dapat dijadikan sebagai pengobatan kelenjar getah bening. Sifat antibakteri dan sifat antiinflamasi pada buah pala dipercaya dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Konsumsi 1 sendok bubuk pala yang dicampur dengan 1 gelas air panas. Anda juga bisa menambahkan madu untuk memberikan cita rasa manis. Minuman herbal ini dapat dikonsumsi beberapa kali dalam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *