Tips Ampuh Berhenti Merokok

Tips Ampuh Berhenti Merokok Secara Sehat dan Cepat

Tips Ampuh Berhenti Merokok – Dengan dimulainya tahun baru, banyak orang merencanakan perubahan diri untuk mengarah pada kehidupan yang lebih produktif dan sehat. Salah satu resolusi yang banyak dipilih untuk bisa mendapatkannya adalah dengan berhenti merokok. Ini merupakan hal terbaik yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Sebenarnya, ada banyak pilihan langkah efektif yang dapat membantu seseorang untuk berhenti merokok. Yang paling sering adalah kombinasi terapi perilaku dan intervensi obat, seperti Varenicline atau Bupropion, atau penggantian nikotin yang digunakan. Bentuk umum pengganti nikotin dapat berupa permen karet dan tablet hisap.

Mengapa Harus Berhenti Merokok?

Merokok tetap menjadi penyebab utama munculnya penyakit-penyakit serius, khususnya yang terjangkit di area pernapasan. Tidak hanya itu, merokok juga menyebabkan lebih dari 217.400 kematian per tahun di Indonesia berdasarkan data dari The Tobacco Atlas tahun 2015.

Karbon monoksida (CO) adalah salah satu zat yang paling berbahaya dalam asap rokok. CO memiliki tingkat daya tarik yang lebih tinggi terhadap hemoglobin (darah) daripada oksigen. Ketika Anda merokok, CO mencegah organ-organ penting seperti jantung dan otak menyerap semua oksigen yang mereka butuhkan.

Selain CO, rokok juga mengandung sejumlah zat berbahaya lainnya seperti nikotin, tar, arsenik, dan karsinogen. Nikotin adalah kandungan yang membuat rasa kecanduan pada rokok dan menghasilkan sejumlah efek negatif pada tubuh. Misalnya, merokok dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah sehingga jantung Anda cenderung bekerja lebih keras dan membutuhkan lebih banyak oksigen.

Namun, karena efek CO, tubuh Anda akan mengirim lebih banyak CO daripada oksigen ke jantung yang akhirnya dapat menyebabkan penyakit jantung. Di sisi lain, tar meningkatkan risiko untuk masalah pernapasan, penyakit paru-paru, dan kanker. Sedangkan arsenik adalah sejenis racun dan karsinogen merupakan zat ditemukan dalam rokok dan telah terbukti menyebabkan kanker.

Banyaknya dampak negatif kesehatan yang berkaitan dengan rokok dan paparan asap rokok memberikan alasan yang kuat bagi Anda untuk segera berhenti merokok.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (2018), hampir 68 persen perokok dewasa mau berhenti merokok, tetapi mereka sering tidak merasa yakin dengan kemampuan mereka untuk melakukannya, khususnya jika mereka mencoba sebelumnya.

Padahal, kebanyakan dari orang yang berhasil berhenti merokok ternyata mengalami banyak percobaan dan kegagalan hingga akhirnya benar-benar lepas dan berhenti dari kebiasaan merokok selamanya.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Ketika Berhenti Merokok?

Ketahuilah bahwa Anda akan mendengar kabar baik sesaat setelah Anda berhenti merokok. Ketika Anda berhasil berhenti merokok, tubuh Anda akan dapat segera pulih dengan sendirinya. Dalam beberapa menit, detak jantung dan tekanan darah Anda akan kembali normal. Setelah tiga hari indera penciuman dan pengecap Anda akan meningkat.

Dalam 10-15 tahun, risiko penyakit jantung, kanker paru-paru, dan penyakit lain yang berhubungan dengan merokok Anda akan kembali ke tingkat saat sebelum Anda merokok. Namun, ini hanya terjadi jika Anda berhenti merokok sebelum ada tanda-tanda dari penyakit ini berkembang.

Tips Ampuh Berhenti Merokok

Bagaimana Cara untuk Mulai Berhenti Merokok?

  • Konsultasikan pada ahli kesehatan mengenai rencana Anda untuk berhenti merokok. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan dukungan dan pengetahuan lebih mengenai manfaat dan cara untuk berhenti merokok. Diikuti dengan hal-hal yang perlu diantisipasi.
  • Mintalah dukungan dari keluarga atau orang terdekat Anda. Hal ini sangat penting agar lingkungan Anda dapat bekerja mendukung usaha Anda berhenti merokok.
  • Buatlah berhenti merokok menjadi prioritas nomor satu Anda.
  • Buang semua rokok dan perlengkapan merokok yang Anda miliki.
  • Hindari berada di dekat perokok lain. Jauhi lingkungan dan aktivitas yang cenderung memancing Anda untuk kembali merokok.
  • Ubah rutinitas Anda untuk meminimalkan aktivitas merokok dan rencanakan kegiatan pengganti yang sehat. Misalnya, minum jus atau teh di pagi hari.
  • Ingatkan diri Anda tentang semua alasan Anda untuk berhenti merokok.
  • Apresiasi diri Anda sendiri untuk tetap berjuang menghentikan kebiasaan merokok. Pikirkan cara-cara menarik untuk menghabiskan uang yang Anda tabung karena tidak membeli rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *