Rempah Pengganti Gula

Rempah Pengganti Gula yang Kaya Akan Cita Rasa

Rempah Pengganti Gula – Anda tentu tidak pernah melewatkan gula sebagai salah satu bahan penyedap alami di setiap masakan. Namun, ingatkah Anda bahwa kebanyakan makan gula bisa memicu diabetes? Tenang saja, sebenarnya Anda bisa menggunakan sejumlah rempah-rempah alami sebagai bahan pengganti gula, lho.

Pilihan rempah-rempah yang bisa jadi bahan pengganti gula

  • Vanili

Vanili berasal dari tanaman Vanilla planifolia, sejenis kacang polong berbentuk panjang dan tipis. Tanaman ini berwarna cokelat gelap dan mengeluarkan aroma yang manis. Tanaman vanila dapat diolah menjadi ekstrak vanila atau serbuk vanili yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan pengganti gula.

Vanili termasuk golongan polifenol yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Karena itu, asupan vanili pada makanan dapat membantu mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh dan jaringan dan menangkal radikal bebas.

Bagi Anda yang memiliki masalah kolesterol tinggi, menambahkan vanili ke dalam makanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Bahkan, rempah yang satu ini juga dapat membantu meredakan radang sendi, asam urat, dan kondisi peradangan lainnya.

  • Kayu manis

Sama seperti namanya, kayu manis memiliki rasa manis alami yang dapat digunakan dalam bentuk bubuk maupun kayu kering. Rempah-rempah ini umumnya digunakan sebagai pengganti gula meja atau gula merah yang biasa Anda gunakan.

Menurut Dr. Axe, manfaat kayu manis antara lain menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga mencegah perasaan ngidam makanan manis. Alhasil, berat badan dan gula darah Anda tidak akan cepat naik setelah makan.

Selain itu, kayu manis mengandung nol gula dan kalori sehingga sangat aman digunakan oleh orang yang memiliki masalah diabetes. Maka itu, jangan ragu untuk menambahkan sejumput bubuk kayu manis ke dalam sajian kopi, teh, yogurt, atau oatmeal kesukaan Anda.

  • Kapulaga

Kalau Anda mencari pemanis alami yang lebih aman dari gula, cobalah kapulaga. Ya, rempah-rempah yang satu ini dapat digunakan sebagai pengganti gula karena memiliki rasa yang cukup manis.

Kapulaga diyakini memiliki sifat antioksidan sehingga mampu mencegah penyakit jantung dan kanker. Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat membantu memperkuat sel-sel tubuh saat melawan efek radikal bebas yang dapat memicu timbulnya penyakit.

Nah, Anda bisa menambahkan kapulaga ke dalam bumbu masakan kari, gulai opor, bahkan sajian makanan manis seperti kue dan roti manis.

  • Cengkeh

Cengkeh yang selama ini Anda gunakan merupakan kuncup bunga yang berasal dari pohon cengkeh. Rempah-rempah yang satu ini memiliki aroma yang khas dan rasa manis. Itulah mengapa cengkeh banyak digunakan sebagai pengganti gula pada berbagai jenis masakan dan sajian teh.

Cengkeh mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, cengkeh juga mengandung senyawa bernama eugenol, suatu antioksidan alami yang nyatanya lima kali lebih ampuh menangkal radikal bebas daripada vitamin E.

  • Buah pala

Anda mungkin sering menggunakan buah pala untuk memberikan rasa sedikit pedas pada makanan. Nah, siapa sangka buah pala juga bisa digunakan sebagai pengganti gula dan penyedap rasa pada sajian sup dan makanan lainnya.

Buah pala diketahui memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satu komponen buah pala mirip dengan mentol, yaitu sama-sama dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Dengan menambahkannya sebagai bumbu masakan, Anda bisa mengurangi nyeri yang terkait dengan luka, stres parah, dan berbagai jenis peradangan seperti Arthritis.

  • Jahe

Bagi Anda yang sedang diet dan ngidam makanan manis, Anda tentu harus memutar otak untuk meredam keinginan makan gula. Jangan khawatir, Anda bisa mengganti gula dalam makanan dengan jahe.

Dengan menggunakan jahe, hidangan Anda akan memiliki aroma yang kuat, sedikit rasa manis, dan agak pedas. Gunakan jahe pada makanan dengan cara ditumbuk, diparut, atau dibakar terlebih dahulu sebelum mencampurkannya ke dalam masakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *