Penyebab Susah Tidur

Penyebab Susah Tidur di Malam Hari Yang Sering Kita Alami

Penyebab Susah Tidur – Setiap orang pasti ingin memiliki waktu tidur yang berkualitas dan dapat tertidur dengan pulas. Namun, tak semua orang bisa merasakan hal yang satu ini. Beberapa diantaranya memiliiki kesulitan saat tidur atau yang biasa dikenal sebagai insomnia. Tak dapat dipungkiri, beberapa orang yang mengalami kesulitan saat tidur akan mencoba berbagai cara untuk dapat bisa langsung terlelap.

Tentu saja, hal tersebut tak mudah untuk dilakukan. Di samping dari berbagai upaya yang telah dilakukan, mungkin saja masih ada beberapa penyebab susah tidur di malam hari yang secara tak sadar masih kamu lakukan.

Beberapa penyebab susah tidur di malam hari

  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein

Semua orang pasti tahu salah satu efek dari kafein adalah membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan terjaga. Maka dari itu, mengonsumsi minuman tinggi kafein pun sering disebut sebagai salah satu penyebab susah tidur di malam hari yang paling sering terjadi pada hampir semua orang.

Jenis minuman tinggi kafein yang paling sering dikonsumsi ialah kopi dan teh, keduanya memang sangat baik untuk tubuh, namun jika sudah mengganggu jam tidurmu, sebaiknya kurangi jumlah pengonsumsiannya ya!

  • Efek dari obat yang dikonsumsi

Tak hanya disebabkan oleh minuman tinggi kafein, penyebab susah tidur di malam hari lainnya ialah bisa dikarenakan jenis obat tertentu yang memiliki efek samping penyebab sulit tidur dengan nyenyak.

Biasanya jenis obat yang dikonsumsi memang untuk mengobati penyakit tertentu, untuk itu hal yang satu ini memang tak dapat dihindari. Tetapi, tak udah khawatir, Bela, karena seiring tubuhmu membaik dan berhenti mengonsumsi obat, maka waktu tidurmu pun akan kembali dan kamu bisa tertidur dengan pulas.

  • Usia

Tak dapat dipungkiri, seiring bertambahnya usia, semakin tinggi pula besar kemungkinan seseorang kesulitan tidur. Untuk itulah, usia menjadi penyebab susah tidur di malam hari yang sering menyerang orang-orang yang sudah usia lanjut.

  • Suhu kamar kurang nyaman

Ternyata penyebabnya bisa dikarenakan keadaan suhu kamarmu yang kurang stabil yakni suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Dengan salah satu keadaan suhu tersebut, biasanya tubuh akan meresponi karena merasa kurang nyaman.

  • Kebiasaan

Hati-hati dengan salah satu penyebabnya yang satu ini karena bisa terjadi pada siapa saja, namun paling banyak terjadi pada usia muda. Kebiasaan menunda waktu tidur biasanya dikarenakan banyak alasan, bisa karena terlalu asik menonton, bermain hp, atau beraktivitas di luar pada malam hari. Beberapa hal tersebut tentu saja dapat merusak waktu tidur dan jika dibiasakan dapat menjadi gaya hidup yang tak disadari.

  • Stres

Memiliki beban pikiran yang sangat banyak bisa menyebabkan seseorang terserang stres. Tak sedikit pula orang yang mengalami Stres memiliki kesulitan saat tidur. Maka stres pun kerap kali disebut sebagai salah satu penyebab susah tidur di malam hari yang bisa kamu atasi dengan belajar mengontrol rasa stres tersebut dan mencoba melakukan aktivitas yang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *